Contoh laporan widya wisata



LAPORAN WIDYA WISATA
JAKARTA – BANDUNG
Laporan ini di buat untuk memenuhi tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia




Di susun Oleh :
1.  Aldila Desma Putri                   ( 07 )
2.  Aulia Cindi Haryana Putri       ( 10 )
3.  Nanda Khafidotul K.                        ( 25 )
4.  Nurul Arum Puspita                ( 26 )

Kelas VIII B
                                SMP Negeri 3 Ungaran
                        Tahun Pelajaran 2016 / 2017





PENGESAHAN
Laporan ini telah di sahkan pada :
Hari                 :
Tanggal          :





Mengetahui:


         Wali Kelas                                    Guru Pembimbing


Dyah Wijayanti                                     Sri Kartini
NIP.                                                         NIP.



MOTTO DAN PERSEMBAHAN

MOTTO:
1.      Yang kita dapatkan yang kita cari
2.      Bersabarlah dalam menghadapi sesuatu
3.      Yang lalu biarlah berlalu, pikirkan apa yang ingin kamu lakukan ke depan
4.      Hidup tanpa ilmu bagai taman tak berbunga
5.      Raihlah cita – cita sampai langit ke tujuh
6.      Orang kaya bisa di bilang kaya apabila ia mau bersedekah
7.      Jika ada kemauan pasti ada jalan untuk mencapai keberhasilan
8.      Manusia tak selamanya benar dan tak selamanya salah, kecuali ia selalu mengoreksi diri dan membenarkan kebenaran orang lain atas kekeliruan diri sendiri
9.      Disiplin dalam bertugas, dewasa dalam bertindak, dinamis dalam kegiatan
10. Ketergasan dalam setiap usaha membawa kegagalan

PERSEMBAHAN:
            Laporan ini kami buat dan kami persembahkan kepada:
1.      Kepada Ibu Dra. Tatik Arlinawati, M.Pd selaku Kepala Sekolah
2.      Kepada Ibu Sri Kartini, S.Pd selaku Guru Pembimbing
3.      Kepada Ibu Dyah Wijayanti, S.Pd selaku Wali Kelas
4.      Kepada Bapak, Ibu dan, Staf Karyawan SMP Negeri 3 Ungaran
5.      Kepada orang tua yang telah memberi dorongan kepada kami
6.      Kepada teman-teman yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini








KATA PENGANTAR
Puji syukur kami haturkan kehadiran Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan laporan ini.
Adapun maksud dan tujuannya dari penyusunan laporan perjalanan ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas Bahasa Indonesia.
Laporan perjalanan ini tersusun berkat-berkat bimbingan dan himbauan dari beberapa pihak. Oleh karena itu kami ingin mengucapkan terima kasih kepada:
1.      Tatik Arlinawati, M.Pd selaku kepala sekolah SMP Negeri 3 Ungaran yang telah mengijinkan untuk berwisata Jakarta – Bandung
2.      Ibu Sri Kartini, S.Pd selaku guru pembimbing yang telah membantu dan memberikan arahan kepada kami
3.      Ibu Dyah Wijayanti, S.Pd selaku wali kelas
4.      Kedua orang tua kami yang telah membiayai
5.      Teman-teman yang telah membantu menyelesaikan laporan ini
Kami menyadari bahwa laporan ini jauh dari sempurna oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesepakatan laporan ini.
Kami berharap laporan ini dapat memberikan dan menambahkan wawasan pembaca dan pengetahuan bagi generasi muda agar peduli pada kebudayaan Indonesia yang salah satu yaitu obyek wisata.
                                               
Ungaran, 12 April 2017


                                                                              Penulis





DAFTAR ISI

Halaman Judul ............................................................................... i
Pengesahan ................................................................................... ii
Motto dan Persembahan .............................................................. iii
Kata Pengantar .............................................................................  iv
Daftar Isi .......................................................................................  v
BAB I PENDAHULUAN
            1.1.  Latar belakang pelaksanaan kegiatan ............................. 1
            1.2. Tujuan kegiatan ............................................................... 1
            1.3. Manfaat pelaksanaan kegiatan ....................................... 1
            1.4. Metode penulisan ........................................................... 1
            1.5. Sistematika ...................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
            2.1. Pusat Peragaan IPTEK – TMII .......................................... 3
            2.2. Teater IMAX Keong Emas ............................................... 4
            2.3. DUFAN Ancol .................................................................. 5
            2.4. Atlantik Water Adventur Ancol ....................................... 6
            2.5. Museum Geologi ............................................................. 7
            2.6. Floating Market Lembang ................................................ 8
            2.7. Cibadyut ........................................................................... 9
BAB III PENUTUPAN
            3.1. Kesimpulan ...................................................................... 10
            3.2. Saran ................................................................................ 11
Daftar Pustaka .................................................................................. 12
Lampiran .......................................................................................... 13







BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang Pelaksanaan Kegiatan
          Dalam melaksanakan program sekolah tahun ajaran 2016-2017 SMP Negeri 3 Ungaran di adakannya widya wisata ke kota Jakarta – Bandung ( khususnya bagi kelas VIII ). Latar belakang widya wisata tersebut adalah karena keterbatasan sarana dan prasarana untuk menambah wawasan tentang objek-objek wisata Indonesia yang begitu indah, serta memenuhi kurikulum yang ada.
1.2       Tujuan Pelaksanaan Kegiatan
Maksud dan tujuan di adakannya widya wisata atau study tour ke Jakarta – Bandung untuk memperluas ilmu pengetahuan dan cakrawala berfikir bagi para siswa, di samping ilmu pengetahuan juga bisa menambah wawasan kita.
1.3       Manfaat Pelaksanaan Kegiatan
Manfaat yang di peroleh dari kegiatan Widya Wisata ini antara lain:
a.       Menambah pengetahuan dan wawasan siswa di luar sekolah
b.      Memberikan pengalaman baru bagi siswa
c.       Memudahkan pencarian bahan pembuatan laporan
1.4       Metode Penulisan
a. Metode Pustaka
          Kami mencari bahan dari buku, serta keterangan-keterangan yang berada di Jakarta dan      Bandung.
b. Metode Observasi
           Kami meneliti dan mengamati benda yang ada pada objek wisata.
c. Metode Wawancara
          Kami mengumpulkan data dengan tanya jawab dengan pihak yang berada di objek wisata.
1.5     Sistematika isi
            Laporan ini terdiri dari 3 bab, yaitu:
            BAB I              : Pendahuluan yang berisi tentang:
                                    a. Latar Belakang
                                    b. Tujuan
                                    c. Metode
                                    d. Manfaat
                                    e. Sistematika
      BAB II             : Pembahasan
      BAB III            : Penutup                     





        BAB II
PEMBAHASAN

2.1     Pusat Peragaan IPTEK – TMII

            Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Science Center) atau disingkat PP-IPTEK Adalah sarana pembelajaran luar sekolah untuk menumbuh kembangkan budaya ilmu pengetahuan dan teknologi secara mudah, menghibur, berkesan dan kreatif. Gagasan pendiriannya berawal dari Mentri Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Prof.Dr.B.J.Habibie, yang berkeinginan bagaimana mencerdaskan masyarakat Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Dibangunlah PP-IPTEK digedung terminal B Skylift-TMII di atas lahan seluas 1000 m2 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 April 1991.Pada perkembangannya, PP-IPTEK menempati gedung baru terletak di poros utama kawasan timur Taman Mini "Indonesia Indah" menghadap Monumen Persahabatan KTT Non Blok. Gedung ini bergaya arsitektur futuristic dengan luas bangunan 24.000 m2 di atas lahan 42.300 m2, merupakan bangunan besar yang menempati areal terluas ke dua di TMII, dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 10 November 1995.
Pusat peragaan ini dibangun dengan maksud menyadarkan masyarakat mengenai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia secara sangat cepat.Arah perkembangan ini harus disadari agar kita dapat mengikutinya untuk kemudian maju bersama perkembangan tersebut.peragaan di PP-IPTEK dibuat sangat menyenangkan dan menghibur, melalui berbagai program dan peragaan interaktif yang dapat disentuh dan dimainkan. Melalui interaksi ini, diharapkan mampu mendorong tumbuhnya pemikiran tentang apa, mengapa dan bagaimana iptek digali dan dimanfaatkan bagi umat manusia agar lebih nyaman dan sejahtera.
Momok mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi yang serius dan membosankan terbantahkan.Pengunjung dapat mengembangkan motivasi dalam memahami prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mudah dan berkesan melalui 250 alat peraga yang bisa disentuh, dipegang dan dimainkan. Peraga disiapkan untuk anak-anak dari taman kanak-kanak (TK) sampai dengan sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) dan di sediakan lembar kerja sains yang akan memandu anak didik untuk belajar ilmu pengetahuan dan teknologi agar lebih terarah dan intensif. Beberapa alat peraga menantang misalnya sepeda layang, roket air, try science, generator van de graft, dan simulator gempa bumi. Kegiatan yang ditawarkan kepada pengunjung beragam dan disesuaikan dengan sasaran: untuk tingkat taman kanak-kanak, sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah umun (SMU), dan keluarga ; meliputi sanggar kerja dan demo ilmu pengetahuan dan teknologi, pelatihan perancangan alat peraga, science fair, pelatihan proses ilmu pengetahuan alam, pelatihan peduli lingkungan hidup, science camp, peneropongan bintang, aneka lembar kreatifitas dan kuis, dan lomba perancangan alat peraga. Disamping itu pengunjung bisa menyaksikan film-film ilmiah yang diputar di ruang auditorium berkapasitas tempat duduk 130 orang untuk menambah ilmu pengetahuan yang menghibur dan dapat memahami sains dengan cara yang mudah dan menyenangkan.
IPTEK tidak hanya menyediakan sarana untuk penduduk Jakarta dan sekitarnya, melainkan juga memiliki program kegiatan outreach ke mal dan pusat keramaian, desa, sekolah, dan daerah dengan membawa peralatan peraga yang bersifat portable.

2.2     Teater IMAX Keong Emas



            Teater Imax Keong Mas adalah gedung teater berbentuk keong mas raksasa tempat pemutaran dan pertunjukan film khusus berteknologi canggih.Gedung teater ini didirikan atas prakarsa Ibu Tien Soeharto, dan di resmikan pada tanggal 20 April 1984. Pendirian gedung teater ini dimaksudkan sebagai sarana rekreasi yang mendidik guna mengenalkan kekayaan alam dan budaya Indonesia melalui tanyangan film raksasa dengan menggunakan kecanggihan teknologi sinematografi modem Proyektor IMAX.
Menyaksikan film di teater ini serasa ikut berada di dalamnya dan ikut pula berperan sebagai pemain. Teknologi film imax menunjukan kecanghihan dan kemampuannya untuk menumbulkan daya tarik kuat yang membuat penonton berdecak kagum.
Beberapa film tersedia untuk diputar antara lain film Indonesia Indah I, Indonesia Indah II ( Anak-Anak Indonesia), Indonesia Indah III ( Indonesia Untaian Manikam di Katulistiwa), dan Indonesia Indah IV ( Aku Bangga Menjadi Anak Indonesia). Semuanya menjunjukankeindahan lingkungan, kekayaan alam dan keragaman budaya Indonesia.
Dalam perkembangan selanjutnya pemutaran film tidak hanya menampilkan film-film seri Indonesia Indah saja, namun juga diselingi dengan memutar film-film import yang bernuansa pendidikan dengan tema-tema hiburan, ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun tema-tema lingkungan hidup.
Sejak tahun 1984 telah memutar film import sebanyak 20 judul film dengan masa sewa 1 hingga 2 tahun. Film-film import itu antara lain : To Fly, Speed, Blue Planet, The Living Sea, Forces of Nature, T-Rex, The First Emperor of China, Island Adventure, dan Mistic India. Kemudian tahun 2004, teater ini mampu meng-upgrade sistem, dan sekaligus memutar film IMAX DRM (Digital Re-Mastering) yakni teknologi revolusioner yang memungkinkan transfer film laga format 35mm ke dalam IMAX EXPERIENCE 70MM.
Dengan kualitas tampilan dan suara yang mengagumkan perusahaan IMAX kini mampu memperluas upayanya melebihi film animasi mencakup film laga, sehingga memungkinkan film-film Hollywood diganda ulang secara digital. Misalnya fim berjudul harry Potter and Prizoner of Azkaban dan Spiderman 2 dapat diputar teater-teater IMAX diseluruh dunia dalam layar raksasa dengan jam tayang 1 hingga 2,5 jam.

2.3     DUFAN Ancol

            Taman Impian Jaya Ancol merupakan sebuah objek wisata Jakarta Utara. Sebagai komunitas pembaharuan kehidupan masyarakat yang menjadi kebanggaan bangsa. Senantiasa menciptakan lingkungan sosial yang lebih baik melalui sajian hiburan berkualitas yang berunsur seni, budaya dan pengetahuan, dalam rangka mewujudkan komunitas 'Life Re-Creation' yang menjadi kebanggaan bangsa.
Sejak awal berdirinya pada tahun 1966, Ancol Taman Impian atau biasa disebut Ancol sudah ditujukan sebagai sebuah kawasan wisata terpadu oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Pemda DKI menunjuk PT Pembangunan Jaya sebagai Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan perekonomian nasional serta daya beli masyarakat.
Sejalan dengan perkembangan perusahaan yang semakin meningkat pada tahun 1992 status Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol diubah menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol sesuai dengan akta perubahan No. 33 tanggal 10 Juli 1992 sehingga terjadi perubahan kepemilikan dan prosentase kepemilikan saham, yakni 20% dimiliki oleh PT Pembangunan Jaya dan 80% dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta.
Pada 2 Juli 2004 Ancol melakukan “go public” dan mengganti statusnya menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk., dengan kepemilikan saham 72% oleh Pemda DKI Jakarta dan 18% oleh PT Pembangunan Jaya dan 10% oleh masyarakat. Langkah “go public” ini dilakukan untuk lebih meningkatkan kinerja perusahaan, karena akan lebih terkontrol, terukur, efisien dan efektif dengan tingkat profesionalisme yang tinggi serta menciptakan sebuah Good & Clean Governance. Kinerja dan citra yang positif ini akan menjadikan perusahaan terus tumbuh dan berkembang secara sehat pada masa depan. PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk juga melakukan upaya repositioning dengan diluncurkannya logo Ancol yang baru pada 10 Juli 2005. Perubahan tersebut tidak semaBadan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol yang dilakukan secara bertahap sesuai dengan peningkatan perekonomian nasional serta daya beli masyarakat.
Sejalan dengan peningkatan kinerja, pada tahun 1992 status Badan Pelaksana Pembangunan (BPP) Proyek Ancol diubah menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol sesuai dengan akta perubahan No. 33 tanggal 10 Juli 1992, sehingga terjadi perubahan kepemilikan dan prosentase kepemilikan saham, yakni 20% dimiliki oleh PT Pembangunan Jaya dan 80% dimiliki oleh Pemda DKI Jakarta.
Pada 2 Juli 2004, Ancol melakukan go public dan mengganti statusnya menjadi PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. dengan status kepemilikan saham 72% oleh Pemda DKI Jakarta dan 18% oleh PT Pembangunan Jaya dan 10% oleh masyarakat. Langkah go public ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan serta menciptakan sebuah Good & Clean Governance. Kinerja dan citra yang positif ini akan memacu perusahaan untuk terus tumbuh dan berkembang secara sehat pada masa depan.
PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk. juga melakukan upaya repositioning dengan diluncurkannya logo baru Ancol pada 10 Juli 2005. Perubahan tersebut tidak semata mengganti logo perusahaan, tetapi juga untuk memacu semangat dan budaya perusahaan secara keseluruhan.

2.4     Atlantis Water Adventur

            Atlatis Water Adventure merupakan theme park terbesar kedua setelah Dunia Fantasti yang ada di kawasan Ancol. Water park tersebut berdiri di atas lahan seluas lima hektar. Mulanya taman permainan air itu bernama Taman Rekreasi Air Gelanggang Renang Ancol. Setelah direvitaslisai, namanya berubah sesuai tema yang diusung yakni peradaban Yunani yang hilang atau Atlantis.

Atlantis Water Adventure memiliki delapan kolam utama. Seluruh kolam dinamai sesuai tokoh-tokoh yang kerap muncul dalam legenda Yunani yaitu Poseidon, Antila, Plaza Atlas, dan Aquarius. Ada pula kolam yang disebut Octopus, Atlantean, dan Kiddy Pool. Tempat wisata itu juga dilengkapi dengan kolam arus. Di wahana tersebut pengunjung bisa bersantai sambil menikmati seluruh pemandangan wahana water park tanpa harus lelah menjelajah. Anda cukup duduk di atas perahu karet yang bergerak mengkuti di kolam yang mengelilingi taman permainan air.
Bagi yang tidak pandai berenang, silakan datang ke kolam apung. Kolam tersebut memiliki kadar garam yang cukup tingi sehingga Anda tidak akan tenggelam meski tanpa ban pelampung. Suasana gelombang pantai juga bisa dirasakan dengan mengunjungi kolam ombak. Ombak buatan dapat dirasakan selama 15 menit setiap satu jam sekali. Bagi yang gemar berkompetisi, silakan berlomba di kolam tanding. Wahana itu dilengkapi garis lintasan serta pijakan lompat seperti yang biasa ditemui di lomba renang.

Bagi yang hobi meluncur, silakan coba ‘seluncuran’ terbaru di Atlantis Water Adventure yaitu Crazy Highest Longest Slide di kolam luncur. Wahana tersebut berupa dua tabung seluncur. Tabung pertama memiliki panjang 122 meter. Sedangkan seluncuran kedua panjangnya mencapai 149 meter. Wahana itu disebut-sebut sebagai yang terpanjang dibandingkan wahana serupa di tanah air. Selain bermain air, pengunjung juga bisa mengasah otak dan fisik dengan mengunjungi wahana water outbond. Ada beragam fasilitas serta permainan seru seperti tangga tali, jembatan gantung, arena wall climbing, serta tali untuk bergelantungan.
Usai bermain, pengunjung Atlantis Water Adventure bisa beristirahat sambil menikmati bekal. Tidak perlu khawatir bila Anda lupa mempersiapkan makanan dari rumah karena ada area food court. Di dalamnya ada Restoran Columbus Atlantis yang menawarkan makanan khas Amerika seperti burger dan ayam goreng. Ada juga Planet Baso yang khusus menyediakan hidangan bakso dan mie.

Sebagai water park ternama, Atlantis Water adventure juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Kamar bilas dan ruang ganti yang nyaman mudah ditemukan di salah satu sudut water park. Untuk menjamin keamanan barang bawaaan pengunjung, pengelola menyediakan loker khusus. Ada pula tempat persewaan pelampung serta toko pakaian dan perelengkapan renang.
Wahana rekreasi Atlantis Water Adventure bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 07.00 sampai jam 20.00. Tiket masuknya adalah Rp 90.000 (week day) dan Rp 120.000 (akhir pekan atau libur umum).
Untuk mengunjungi Atlantis Water Adventure, Anda bisa menggunakan kereta komuter dan turun di Stasiun Ancol. Selanjutnya tinggal berjalan kaki kurang dari 15 atau naik taksi untuk sampai water park yang dituju.
2.5     Museum Geologi

Museum Geologi Bandung – Salah satu tempat wisata di bandung yang populer dengan nama museum geologi Bandung ini adalah sebuah museum yang dilindungi negara serta merupakan warisan nasional yang kini keberadaannya sudah merupakan salah satu tempat wisata bersejarah yang ada di kota Bandung, sehingga nilai bangunan bersejarah yang sarat makna dan yang didalamnya terdapat banyak materi geologi yang sangat berharga ini, di zaman sekarang telah menarik minat banyak wisatawan yang sedang liburan ke Bandung untuk mengunjungi tempat ini.
Bangunan bersejarah di Bandung yang berlokasi di Jl. Diponegoro No.57, Cibeunying Kaler ini, sangat dilindungi dan perawatan serta pengelolaannya ditangani langsung dibawah kendali pemerintah.Dibangun pada tanggal 16 Mei 1928, Museum Geologi Bandung kemudian pernah dipugar serta direnovasi dengan dana pembangunan yang berasal dari dana bantuan dari JICA Jepang ( Japan international Cooperation Agency ) sebesar 754,5 juta Yen, sehingga Museum ini adalah Sebagai salah satu tempat wisata di bandung yang menarik sekaligus  sangat refresentatif dan sangat layak dikunjungi di Bandung untuk keperluan pendidikan atau penelitian yang dibuka secara resmi untuk umum oleh Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Agustus 2000.

1).Sejarah Museum Geologi Bandung

Berdirinya Museum Geologi Bandung sangat identik dengan keberadaan Belanda di zaman kolonialisme di indonesia dan juga pengaruh dari dunia, yang mana pada saat itu para ahli geologi eropa tengah intensif melakukan banyak kegiatan penyelidikan geologi dan tambang di wilayah Nusantara yang dimulai sejak pertengahan abad ke-17. Pada saat negeri-negri di belahan dunia Eropa mengalami revolusi industri pada pertengahan abad ke-18, benua biru tersebut sangat memerlukan banyak sekali jenis dan bahan tambang yang akan digunakan sebagai bahan dasar industri mereka.
Melihat prospek yang sangat bagus tersebut, lantas membuat Pemerintah hindia belanda sadar begitu pentingnya penguasaan bahan galian di berada di wilayah Nusantara pada saat itu. Melalui proyek ini, diharapkan perkembangan industri di Negeri Belanda dapat didukung dengan keberadaanya. Tepat di tahun 1850, maka dibentuklah lembaga Dienst van het Mijnwezen. Kelembagaan ini berganti nama jadi Dienst van den Mijnbouw pada tahun 1922, yang bertugas melakukan penyelidikan geologi serta sumberdaya mineral di seluruh wilayah kepulauan indonesia.

A. Sejarah Museum Geologi Bandung di masa penjajahan Jepang

Sebagai sebuah negeri jajahan dengan kekuasaan yang selalu berganti, Museum Geologi Bandung juga mengalami perubahan fungsi dan juga pemilik.Seperti ketika negeri sakura jepang dinyatakan kalah di perang dunia ke-2, keberadaan Dienst van den Mijnbouw pun berakhir. Letjen. H. Ter Poorten (Panglima Tentara Sekutu di Hindia Belanda) atas nama Pemerintah Kolonial Belanda menyerahkan kekuasaan teritorial Indonesia kepada Letjen. H. Imamura (Panglima Tentara Jepang) pada tahun 1942. Penyerahan itu dilakukan di Kalijati, Subang. Dengan masuknya tentara Jepang ke Indonesia, Gedung Geologisch Laboratorium berpindah kepengurusannya dan diberi nama KOGYO ZIMUSHO. Setahun kemudian, berganti nama menjadi CHISHITSU CHOSACHO.

2). Sejarah Museum Geologi Bandung di Masa Kemerdekaan.

Keberadaan Museum Geologi Bandung sangatlah berharga sekali fungsi dan manfaatnya bagi kesejahteraan bangsa indonesia di kemudian hari, sehingga upaya paksa merebut kembali museum geologi di kota bandung ini dilakukan kembali oleh belanda, yang mana pada tahun 1945, ketika tentara sekutu pimpinan amerika dan inggris membonceng tentara bentukan Belanda yang bernama NICA.Karena tidak ingin berpindah tangan dan direbut semua dokumen hasil penelitian geologi yang penting yang ada di museum geologi oleh pihak NICA belanda, maka museum geologi bandung pun pernah beberapa kali pindah tempat seperti ke Jalan Braga no 3 & no 8 kota Bandung bahkan hingga ke luar daerah seperti Tasikmalaya, Solo, Magelang, Yogyakarta, sebelum akhirnya pada tahun 1950 semua dokumen dikembalikan ke Bandung.

3). Koleksi Museum Geologi Bandung


Setelah mengalami renovasi dengan bantuan dari JICA dan diresmikan pada tahun 2000 oleh presiden Megawati, penataan Museum Geologi Bandung lebih teratur dan semakin baik lagi, dimana setelah renovasi Museum Geologi bandung dibagi menjadi 3 ruangan utama yang terdiri dari ruangan Sejarah Kehidupan, Geologi Indonesia, serta Geologi dan Kehidupan Manusia. Sedangkan untuk ruangan koleksi dokumentasi, tersedia sarana penyimpan koleksi yang lebih memadai. Diharapkan pengelolaan contoh koleksi di Museum GeologiBandung akan dapat lebih mudah diakses oleh pengguna baik peneliti maupun usaha perindustrian.
Untuk lebih memaksimalkan fungsinya sebagai lembaga yang memberikan pengetahuan tentang ilmu geologi,maka pada tahun 2002 Museum Geologi Bandung,yang tadinya hanya merupakan seksi atau bagian dari museum geologi, maka menjadi UPT Museum geologi tersendiri.Sehingga Museum geologi di kota bandung sejak saat itu hingga sekarang sangat sering dilakukan berbagai kegiatan seperti penyuluhan keilmuan geologi, pameran geologi, seminar serta kegiatan survei penelitian dan masih banyak kegiatan yang lainnya.
Koleksi beragam materi hasil penelitian geologi sejak tahun 1850 berupa macam fosil, berbagai jenis batuan hingga bahan-bahan mineral dan yang lainnya yang ada di museum geologi bandung, terbagi menjadi beberapa ruangan pamer atau peragaan yang menempati lantai 1 dan 2 dari gedung museum geologi bandung, dan berikut adalah klasifikasi lantai dan ruangan-ruangannya.

A.Koleksi Museum Geologi Bandung Lantai 1

Lantai satu gedung museum geologi bandung terbagi menjadi 3 ruang utama dengan fungsi yang berbeda-beda setiap ruangannya, dan berikut adalah perinciannya :
  • 1.Ruang orientasi di bagian tengah, Ruang Orientasi berisi peta geografi Indonesia dalam bentuk relief layar lebar yang menayangkan kegiatan geologi dan museum dalam bentuk animasi, bilik pelayanan informasi museum serta bilik pelayanan pendidikan dan penelitian.
  • 2.Ruang Sayap Barat,dikenal sebagai Ruangan khusus Geologi Indonesia, yang terdiri dari beberapa bilik ruang yang akan memberikan seputar informasi tentang Hipotesis terjadinya bumi di dalam sistem tata surya,Tatanan tektonik regional yang membentuk geologi Indonesia,Keadaan geologi sumatera,Jawa, Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara serta Irian Jaya dan sejumlah Fosil fosil serta sejarah manusia menurut evolusi Darwin
  • 3.Ruang Sayap Timur, adalah Ruangan yang akan mendeskripsikan sejarah pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup ( evolusi ), sejak zamanmanusia primitif hingga modern, yang mendiami planet bumi ini dikenal sebagai ruang sejarah kehidupan, kemudian Kumpulan fosil tengkorak manusia-purba yang ditemukan di Indonesia, serta Sejarah pembentukan Danau Bandung purba yang melegenda.
B.Koleksi Museum Geologi Bandung Lantai 2
Untuk Lantai 2 Museum Geologi Bandung terbagi menjadi 3 bagian Ruangan utama, yaitu bagian tengah, barat, dan timur dan dengan fungsi yang berbeda-beda setiap ruangannya, dan berikut adalah perinciannya :
  • 1.Ruang Timur lantai 2 Museum Geologi Bandung Terbagi menjadi 7 ruangan kecil, yang kesemuanya ditujukan untuk memberikan informasi seputar aspek positif & negatif tatanan geologi bagi kehidupan manusia, khususnya di Indonesia.
  • Ruang 1, informasi manfaat dan kegunaan mineral atau batu bagi manusia.
  • Ruang 2, rekaman kegiatan eksplorasi dan eksploitasi sumberdaya mineral di indonesia
  • Ruang 3,informasi tentang pemakaian mineral dalam kehidupan sehari-hari, baik secara tradisional maupun modern.
  • Ruang 4, informasi cara pengolahan dan pengelolaan komoditi mineral dan energi
  • Ruang 5, informasi tentang berbagai jenis bahaya geologi (aspek negatif) seperti tanah longksor, letusan gunung api dan sebagainya.
  • Ruang 6, informasi tentang aspek positif geologi terutama berkaitan dengan gejala kegunungapian.
  • Ruang 7, informasi tentang sumberdaya air dan pemanfaatannya, juga pengaruh lingkungan terhadap kelestarian sumberdaya.
  • 2.Ruang Tengah Museum Geologi Bandung Berisi informasi maket pertambangan emas terbesar di dunia, yang terletak di Pegunungan Tengan Irian Jaya seperti Bebatuan asal Papua (Irian Jaya), Miniatur pengeboran minyak bumi dan Miniatur pengeboran gas bumi.
  • 3.Ruangan Barat lantai 2 museum geologi bandung adalah untuk staf Museum Geologi Bandung

2.6     Floating Market Lembang
Description: Floating Market Lembang

Floating market adalah sebuah pasar atau tempat jual beli, dimana para penjual menjajakan barang dagangannya diatas perahu, pasar terapung biasanya terdapat di tempat dimana moda transportasi air memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.
Floating Market yang sering kita dengar adalah pasar terapung yang berada di Kalimantan, Sumatera serta di Bangkok Thailand, beberapa diantaranya adalah Pasar Terapung Muara Kuin yang berlokasi di sungai Kuin, Kota Banjarmasin, kemudian Pasar Terapung Lok Baintan yang ada di sungai Tabuk Kabupaten Banja, serta Pasar Terapung Langkat di Kabupaten Langkat, Sumatera Utama.

2.7     Cibaduyut

            Cibaduyut Bandung berada di daerah selatan Bandung. kira kira 30 menit dari pusat kota. Kawasan ini awalnya terkenal dengan sentral sepatu kulit.
Untuk menuju ke Cibaduyut tidak sulit. Di tandai dengan patung sepatu yang besar di depan perempatan sebelum memasuki jalan Cibaduyut Bandung. Dengan adanya Patung Sepatu, memudahkan untuk para pengunjung untuk bisa sampai ke Cibaduyut bandung, karena patung sepatu merupakan lambang atau ciri khas dari jalan Cibaduyut dan patung sepatu satu-satunya yang ada di kota Bandung. Pantung sepatu Cibaduyut merupakan akses pintu masuk menuju dari jalan Cibaduyut Bandung.

Sepanjang Jalan Cibaduyut Bandung banyak berdiri toko toko yang menjual dan menerima pesanan sepatu. Semua ukuran sepatu dapat dibuatkan di sini. Daerah ini terkenal karena harga yang mereka tawarkan cukup murah, dan kwalitas yang cukup bagus.
Kita bisa melihat toko-toko yang berjejer memajang dagangan yang didominasi oleh tas dan sepatu. Jika kita masuk ke dalamnya, kita dapat menemukan lebih banyak lagi. Ada pakaian termasuk jaket kulit, tas kulit, tas gendong, dompet, ikat pinggang, boneka, sandal, bahan kulit untuk mebuat sepatu atau sendal dan lain-lain.
Keistimewaan dari cibaduyut adalah bagi anda yang ingin membeli sepatu dengan model yang anda inginkan anda bisa melakukan pemesanan. Harganya pun bervariasi, mulai dari beberapa puluh ribu saja sampai dengan ratusan ribu rupiah. Harganya pun bisa di tawar. Dengan kualitas yang bagus juga. Karena kualitas yang terjamin, produk dari cibaduyut sangat terkenal hingga ke Asia.
Selain sepatu, dompet dan tas banyak juga di sini di jual makanan khas Bandung sebagai oleh-oleh Bandung. Jika datang ke cibaduyut Bandung, Anda tidak hanya belanja sepatu atau makanan saja, namun dompet pun disini bisa dijadikan oleh oleh Bandung, karena harga, bentuk dan kwalitas yang bagus.

Tidak jauh dari jalan cibaduyut bandung terdapat terminal bus leuwih panjang, yang bisa memudahkan para pengunjung yang menggunakan alat tranportasi untuk mengunjungi cibaduyut Bandung. Untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi dari luar Bandung anda bisa keluar dar Tol Kopo atau tol Moch. Toha, karna kedua Tol ini akses keluar dari tol yang sangat dekat. Berbagai oleh-oleh ciri khas kota bandung bisa anda dapatkan disini, seperti penyeum, dodol, opak, dan lain-lain.
Jika Cibaduyut terkenal akan sentral sepatu dan tas ada wilayah lain yang juga terkenal dengan produk Jeans, yaitu Cihampelas Bandung. Jangan lupa jika anda berlibur ke Bandung, berkunjunglah ke Cibaduyut Bandung dan Cihampelas Bandung. Maka anda akan menemukan sensasi lain dari Kota Bandung.

































 
 BAB 3
PENUTUPAN

3.1     Kesimpulan

                        Dengan sudah di laksanakan kegiatan widya wisata ke Jakarta – Bandung pada tanggal 19 – 22 Maret 2017 di berbagai tempat seperti IPTEK, Keong Emas, Dunia fantasti (Dufan), Atlantis Water Adventure (AWA), Museum Geologi, Floating Market, dan Cibaduyut membuat wawasan dan pengetahuan kita bertambah, terutama pengetahuan dan teknologi yang lebih mutakhir dari hasil pengamatan yang di lakukan, dapat di simpulkan sebagai berikut :
a.       Di Museum Puspa IPTEK, kita dapat menambah wawasan mengenal ikmu pengetahuan dan teknologi
b.      Di Keong Emas, kita dapat menambah wawasan tentang berbagai keong di Indonesia dan melihat film yang bermanfaat
c.       Di Dunia Fantasti (Dufan), kita dapat menikmati dan mengetahui tentang berbagai macam jenis permainan yang dapat mendebarkan jantung dan berbagai permainan mancanegara
d.      Di Atlantis Water Adventur (AWA), kita dapat menikmati berbagai wahana air
e.       Di Museum Geologi, kita dapat menambah wawasan tentang batu-batu, fosil makhluk hidup, dan lain-lain
f.        Di Floating Market, kita dapat membeli berbagai oleh-oleh dan kita dapat menikmati pemandangan yang indah
g.       Di Pembelanjaan Cibaduyut, kita dapat belajar berorganisasi yaitu tawar-menawar barang yang akan di beli dengan harga seminimal mungkin
3.2     Saran
Saran dari kami tentang pelaksanaan widya wisata ini agar pelaksanaan selanjutnya dapat berjalan lebih baik yaitu:
1.      Fasilitas yang terdapat di penginapan cukup memadai, namun fasilitas alat kebersihan yang terdapat di setiap kamar kurang lengkap sebaiknya mohon di lengkapi.
2.      Untuk yang bertugas sebagai akomodasi harap menjaga bus kita agar terhindar dari pencurian.
3.      Seharusnya tempat duduk bus sesuai dengan kelasnya masing-masing, sehingga bisa berinteraksi dengan teman sekelasnya.
4.      Guru pendamping lebih mengawasi siswa-siswinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.
5.      Waktu yang di berikan pada tiap temapat harap lebih di perlama agar siswa dapat lebih puas bekeliling objek.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SINOPSIS BILA SEMUA WANITA CANTIK

macam macam batik